Tangkuban Perahu

Tempat Wisata Tangkuban Perahu di Bandung

Siapa yang tak kenal dengan tempat wisata yang cukup terkenal di Bandung yaitu Tangkuban Perahu? Tangkuban Perahu merupakan gunung berapi yang berstatus masih aktif hingga kini. Terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Bandung, tempat ini dapat ditemput dalam waktu sekitar 1 jam saja di pagi hari tatkala kondisi lalu lintas masih lancer. Tangkuban Perahu yang terkenal dengan legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi ini merupakan objek wisata alam yang paling terkenal di kota Bandung sampai sekarang.

Cara Menuju Tangkuban Perahu Bandung

Ada banyak cara untuk menuju ke gunung Tangkuban Perahu, Bandung. Yang paling mudah adalah dengan menyusuri sepanjang jalan Setiabudi, lurus terus hingga memasuki jalan Raya Lembang, dan kemudian berbelok memasuki jalan Tangkuban Perahu. Setibanya di sana anda tinggal lurus saja menyusuri jalan yang menuju ke Subang, dan pintu masuk ke gunung Tangkuban Perahu terletak di sisi kiri jalan.

Alternatif lainnya adalah melalui jalan Ciumbuleuit di kota Bandung, kemudian sesampainya anda di rumah sakit Salamun, tepat di seberang rumah sakit tersebut ada jalan Punclut. Anda tinggal memasuki jalan Punclut tersebut hingga tiba di jalan Cijeruk Lembang, untuk selanjutnya tinggal memasuki jalan raya Lembang yang menghubungkan dengan jalan raya Tangkuban Perahu. Rute alternatif ini kerap dipilih para wisatawan di kala lalu lintas sepanjang jalan Setiabudi macet total, khususnya seperti yang terjadi di saat musim libur panjang tiba.

Tiket Masuk Wisata Tangkuban Perahu

Harga tiket masuk ke tempat wisata Tangkuban Perahu relatif terjangkau bagi wisatawan domestik, yaitu sebesar Rp 20.000 per orang yang berlaku sejak hari Senin hingga hari Jumat, dan sebesar Rp 30.000 per orang yang berlaku khusus untuk hari Sabtu, Minggu, serta hari libur nasional. Dan moda transportasi roda empat (mobil) adalah sebesar Rp 25.000 di hari biasa dan Rp 35.000 di akhir pekan dan hari libur.

Akan tetapi tempat wisata ini menerapkan harga tiket yang jauh lebih tinggi bagi para wisatawan mancanegara, yaitu sebesar Rp 200.000 untuk hari Senin hingga Jumat dan Rp 300.000 per orang untuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Sedangkan harga tiket masuk kendaraan roda empat diberlakukan pada harga yang sama.

Sedangkan bagi yang bermaksud untuk berkunjung dengan menggunakan bus pariwisata, harga tiket masuk khusus bus adalah sebesar Rp 110.000 di hari biasa dan Rp 150.000 di hari libur. Namun hal ini tidak berlaku apabila wisatawan asing tersebut dapat menunjukkan kartu KITAS sehingga hanya akan diberlakukan tarif harga yang sama seperti turis lokal.

Keistimewaan Tangkuban Perahu

Lalu apa saja yang membuat gunung Tangkuban Perahu begitu diminati wisatawan? Hal-hal menarik apa saja  yang terdapat di sana? Berikut adalah beberapa hal menarik yang dapat ditemui di tempat wisata gunung Tangkuban Perahu:

  • Berbelanja
    Bagi anda yang suka berbelanja barang-barang kerajinan tangan atau souvenir lokal, anda dapat menemukannya di tempat ini. Barang-barang yang dapat ditemui di sini cukup beragam dan harga yang ditawarkan pun cukup bervariasi. Anda hanya harus pintar-pintar menawar untuk dapat memperoleh barang yang menarik dengan harga yang wajar. Sebagai patokan, harga gantungan kunci atau magnet kulkas adalah Rp 20.000 untuk setiap kantongnya (yang berisikan beberapa buah sekaligus). Namun apabila kita ke sini di saat bulan Ramadhan di mana sepi pengunjung, kita akan dengan mudah membeli barang yang sama hanya dengan Rp 15.000 saja. Sedangkan harga t-shirt adalah maksimal sebesra Rp 25.000 per buah untuk ukuran dewasa dan harga akan lebih murah untuk t-shirt anak-anak.
    Cendera mata lainnya yang cukup popular di sini adalah angklung, yang dapat diperoleh dengan harga Rp 85.000 untuk ukuran sedang atau medium, dan Rp 60.000 untuk ukuran kecil. Jangan kaget jika harga yang ditawarkan akan jauh lebih tinggi dari harga tersebut seperti misalnya Rp 300.000. Anda hanya perlu untuk menawarnya dan penjual akan dengan senang hati memberikannya dengan harga seperti yang disebutkan di atas.
    Selain itu barang souvenir menarik lainnya adalah gelang yang terbuat dari batu vulkanik yang biasanya ditawarkan di kisaran Rp 200.000 hingga Rp 500.000 per buah. Namun jika anda terampil menawar, anda dapat memperolehnya hanya di harga Rp 15.000 per buah!
    tangkuban perahu
  • Kawah Domas
    Ada beberapa kawah yang terdapat di Gunung Tangkuban Perahu ini. Namun yang terkenal adalah Kawah Ratu yang juga merupakan kawah terbesar di sini dan dapat terlihat dengan mudah dari atas, sedangkan kawah Domas terletak di sebelah bawah. Biasanya ketika anda sedang bersantai di puncak gunung, anda akan didekati para tour guide yang menawarkan anda untuk mengunjungi Kawah Domas. Jika anda tertarik, anda akan diharuskan untuk membayar jasa para tour guide tersebut sebesar Rp 150.000 per jam untuk membimbing anda dari atas hingga mencapai ke kawah Domas di bagian bawah. Namun sebenarnya jika anda masuk dari pintu keluar bagian bawah maka rute yang dilalui akan jauh lebih cepat dan tidak seterjal jika anda menyusuri dari atas gunung.

Hal yang menarik dari Kawah Domas ini adalah bahwa anda bisa merebus telur dari mentah hingga matang di salah satu sumber air panas yang terdapat cukup banyak di sini.

tangkuban perahu tempat wisata di bandung lembang
Merebus telur di Kawah Domas
  • Berfoto di antara pohon cantigi
    Bagi anda yang senang berswafoto atau selfie, anda dapat melakukannya di sini di mana terdapat ada banyak pohon cantigi yang sangat unik dan cantik dengan latar belakang kawah Ratu yang menawan.

Jika anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Bandung, khususnya Tangkuban Perahu ini, maka jangan ragu untuk rental mobil Bandung kami sekarang juga.

 

Write your comment Here

Rental Mobil Bandung | Sewa Mobil Murah di Bandung | BandungHoliday.org