Kawah Putih

Lokasi Kawah Putih

Bagi anda yang berencana untuk mengunjungi kota Bandung dengan jasa rental mobil Bandung dalam waktu dekat ini dan masih mempertimbangkan tempat-tempat apa saja yang akan dijelajahi selama berada di kota kembang ini, mungkin Kawah Putih yang berlokasi di Ciwidey, Bandung selatan, dapat menjadi pilihan liburan anda kali ini.

Untuk menuju ke Kawah Putih, Ciwidey, anda dapat menempuh berbagai alternatif pilihan rute, namun yang paling umum dan paling mudah adalah melalui Jalan Kopo yang kemudian langsung menuju kue Soreang dan Ciwidey. Jika memilih rute tersebut, pertama-tama anda dapat menuju ke jalan Kopo, yang dapat dicapai baik melalui jalan biasa ataupun jalan tol, dan pilihlah pintu keluar Kopo. Sekeluarnya anda dari pintu tol Kopo, anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah Soreang, dan jalan terus hingga masuk ke area Ciwidey. Setibanya di sini pun tinggal mudah saja. Anda tinggal lurus terus menyusuri jalan utama hingga anda tiba di Kawah Putih. Jika anda menggunakan jalan utama seperti ini, dijamin anda tidak akan tersesat.

Kawah Putih ini letaknya sekitar 35 kilometer dari pusat kota Bandung, atau sekitar 2 jam perjalanan di pagi hari dalam keadaan lalu lintas normal. Namun apabila anda berangkat sedikit di siang hari atau ketika musim liburan tiba, maka waktu tempuh menjadi jauh lebih lama, yaitu bisa sekitar 4 jam atau bahkan lebih. Oleh karena itu agar anda tidak terjebak kemacetan di jalan sewaktu menuju ke Kawah Putih, anda disarankan untuk sudah berangkat tidak lewat dari pukul 8 pagi. Lebih pagi lebih baik. Sehingga anda tidak akan menemui kemacetan di jalan. Kemacetan ini akibat banyaknya angkutan kota yang lalu lalang di sepanjang jalan, sedangkan jalan raya Kopo tergantung sangatlah sempit yaitu hanya dapat dilalui oleh maksimal 3 lajur kendaraan, tapi normalnya hanya dapat dilalui oleh 2 lajur kendaraan saja. Dan kemacetan ini kian diperparah di saat-saat jam masuk dan keluar pabrik, yaitu sekitar pukul 6 pagi, 2 siang, dan 5 sore.
kawah putih

Sejarah Kawah Putih

Lokasi Kawah Putih ini sebenarnya baru dibuka untuk umum pada tahun 1987 yang silam oleh pemerintah setempat. Menurut legenda, sebenarnya beberapa ratus tahun yang silam, ada seorang ahli tumbuh-tumbuhan atau botanist berkebangsaan Jerman yang bernama Junghun yang mendengar cerita bahwa lokasi Kawah Putih berhantu. Hal ini dikarenakan nyaris setiap burung yang terbang di daerah tersebut selalu menghindari terbang di atas kawasan Kawah Putih. Kalaupun mereka sampai terbang di atas Kawah Putih, burung-burung tersebut akan jatuh dan mati. Karena itu para penduduk setempat beranggapan bahwa Kawah Putih adalah kawasan yang angker yang dikuasai oleh mahluk halus yang jahat.

Didorong rasa penasaran yang tinggi, Junghun kemudian pergi menyelidiki ke Kawah Putih untuk menguak misteri di balik semua hal luar biasa tersebut. Setibanya di Kawah Putih, beliau menemukan fakta adanya kandungan belerang yang teramat tinggi yang dikandung dari kawah gunung berapi Patuha di tempat itu.

Kabar  mengenai adanya kandungan belerang yang cukup tinggi di Gunung Patuha kemudian menyebar ke orang Belanda yang saat itu masih menjajah Indonesia dan orang-orang Belanda tersebut juga datang berbondong-bondong ke area Kawah Putih untuk melanjutkan penyelidikan mengenai kebenaran kabar tersebut. Ketika kabar tersebut terbukti benar, maka orang Belanda mulai mendirikan tambang belerang di Kawah Putih. Hingga kini kita masih dapat melihat gua di mana tambang belerang tersebut dulu berada. Namun kita tidak diijinkan untuk berdiri terlalu lama di depan pintu masuk gua karena hawa beracun masih sering keluar dari dalam gua yang dapat mengakibatkan pusing dan mual.

Ketika jaman penjajahan Jepang, gua di mana tambang belerang tersebut berada berubah fungsi menjadi tempat penyimpanan mesiu dan senjata. Di sini orang Jepang pun mengambil alih Kawah Putih beserta tambangnya dan menjadikannya sebagai pabrik mesiu untuk keperluan perang.

Tiket Masuk ke Kawah Putih

Tiket masuk ke Kawah Putih tergolong cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp 25.000 saja per orang. Sedangkan untuk menuju ke puncak gunung Patuha di mana kita dapat melihat Kawah Putih secara jelas, kita harus melanjutkan perjalanan dengan angkutan setempat yang dinamakan ontang anting dengan biaya tambahan sebesar Rp 15.000 per orang. Namun jika lebih suka untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke puncak, kita akan dikenai biaya tiket masuk kendaraan pribadi seharga Rp 150.000 per mobil.

Namun bagi wisatawan asing, mereka dikenakan tiket masuk sebesar Rp 50.000 per orang dan biaya ontang anting atau kendaraan pribadi masih sama.

Fasilitas di Kawah Putih

Beberapa fasilitas yang berada di Kawah Putih di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Toko atau kios
    Sebagaimana halnya di tempat wisata di Bandung lainnya, di sini pun para pengunjung dapat menemukan aneka toko atau kios yang menjajakan cendera mata atau souvenir khas Kawah Putih, seperti bantal berbentuk strawberry atau telapak kaki, sarung tangan, kupluk, topi, syal bertuliskan Kawah Putih, boneka, aneka kerajinan tanganan, dan panganan setempat.
    rental mobil bandung
  • Kios Strawberry
    Bagi yang ingin mencicipi bagaimana rasa buah strawberry khas Ciwidey ini, anda bisa mencicipi buah strawberry yang banyak dijajakan di kios-kios di sini. Namun jangan ragu untuk mencoba terlebih dahulu buah strawberrynya sebelum anda memutuskan untuk membelinya. Juga jangan sungkan untuk menawar sebelum membeli. Di sini anda pun dapat menemukan ‘sate strawberry’ yang dibaluri oleh kuah coklat sehingga terasa sangat manis. Selain strawberry, di sini pun dapat ditemui produk cemilan atau makanan ringan lainnya seperti moci, keripik strawberry, selai strawberry, minuman bandrek khas Jawa Barat, coklat, manisan, dan buah-buahan musiman lainnya seperti alpukat, dan lain-lain.
    tempat wisata di bandung

Tips ke Kawah Putih

Berikut adalah beberapa tips yang perlu anda ketahui apabila anda berniat  untuk mengunjungi Kawah Putih:

  • Usahakan untuk membawa master sendiri yang berkualitas cukup baik jika ingin pergi ke Kawah Putih. Hal ini disebabkan udara yang berhembus di tempat wisata Ciwidey ini masih mengandung kandungan belerang yang cukup tinggi, sehingga tidak jarang membuat pengunjung batuk-batuk atau mual atau mata perih ketika angin kebetulan berhembus ke arah pengunjung.
  • Jika berkunjung di musim hujan, jangan lupa untuk membawa selalu payung dan jaket atau jas hujan yang cukup tebal, terutama jika bepergian bersama anak kecil dan orang yang sudah lanjut usia. Hal ini dikarenakan suhu udara di kawasan Kawah Putih dapat turun hingga di kisaran 7 derajat Celsius sehingga terasa sangat dingin menusuk tulang.
  • Bagi yang memiliki penyakit asma, diharapkan untuk sedikit lebih berhati-hati karena uap udara di Kawah Putih dapat menyulitkan pernafasan. Segeralah kembali ke dalam kendaraan anda apabila anda tiba-tiba merasa tidak enak badan atau sesak nafas untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan ragu untuk memesan atau rental mobil Avanza atau MPV kami apabila berniat untuk liburan ke Kawah Putih dan staf kami akan dengan senang hati membantu anda.

 

Write your comment Here

Rental Mobil Bandung | Sewa Mobil Murah di Bandung | BandungHoliday.org