Curug Nagrak Lembang Bandung

Bagi yang sedang berencana untuk berlibur ke kota Bandung, khususnya daerah Lembang, kini ada satu lagi tempat wisata di Bandung (Lembang) yang sedang naik daun, yaitu Curug Nagrak. Tempat wisata yang satu ini tepatnya berlokasi di daerah Parongpong, Lembang, yang sangat dekat dengan Dusun Bambu dan Floating Market Lembang.

Sebagaimana halnya dengan daerah-daerah lainnya di dunia, termasuk juga di Indonesia, di mana biasanya terdapat wisata air panas belerang yang berlokasi dekat dengan gunung berapi, maka di sekitar Gunung Tangkuban Perahu ini pun bertebaran cukup banyak wisata air panas, dari yang sangat terkenal seperti Sari Ater hot Spring Resort yang berlokasi sekitar 30 menit dari Tangkuban Perahu ataupun The Lodge Maribaya yang juga menyuguhkan wisata air panas alami. Nah, baru-baru ini para netizen pun dibuat heboh dengan berita kemunculan wisata sumber air panas alami lainnya yang juga berlokasi di tempat yang sama, yaitu di Lembang, yang disebut dengan Curug Nagrak.

Mengapa tempat ini disebut dengan curug? Seperti kita ketahui, kata ‘curug’ sebenarnya berarti ‘air terjun’, sehingga di Curug Nagrak ini para pengunjung selain dapat berendam di air panas alami, juga dapat menikmati keindahan air terjun yang terdapat di tempat ini.

Berbeda dengan tempat pemandian air panas alami lainnya di kota Lembang, Bandung, di mana biasanya kita akan disuguhkan dengan pemandangan kolam pemandian air panas, nah, di Curug Nagrak ini para pengunjung lebih disuguhkan dengan pemandangan sungai beraliran air panas alami. Sungguh menakjubkan, bukan?

Tetapi bagi mereka yang juga lebih menyukai dengan sentuhan modern, di tempat ini pun telah tersedia warung-warung di mana para pengunjung dapat membeli makanan dan minuman ala kadarnya. Di tempat ini pun telah tersedia kamar kecil, kamar bilas, saung-saung untuk sekedar bersantai, tempat bermain anak, serta lahan parkir yang cukup luas bagi para pengunjung yang datang ke tempat ini dengan kendaraan pribadi.

Lalu apa saja keistimewaan tempat wisata yang satu ini? Mengapa tempat wisata ini layak dikunjungi? Silakan baca terus, dan anda akan menemukan jawabannya di bawah ini:

curug nagrak
curug nagrak

Keistimewaan Tempat Wisata Curug Nagrak di Lembang, Bandung

Dalam bahasa Indonesia, kata ‘curug’ berarti ‘air terjun’. Sehingga nama ‘Curug Nagrak’ juga berarti ‘Air Terjun Nagrak’. Apa sebenarnya keistimewaan tempat wisata yang satu ini sehingga layak untuk dimasukkan ke dalam agenda kunjungan kalian di kota Bandung? Berikut adalah beberapa keistimewaan Curug Nagrak:

  • Tempat yang masih alami dan perawan.
    Tidak seperti tempat wisata lainnya di kota Bandung atau Lembang yang sudah sarat dengan sentuhan pariwisata, Curug Nagrak merupakan tempat wisata alam yang masih sangat alami dan perawan. Sangat sedikit sentuhan alami di sana sini. Jadi bagi anda yang gemar berwisata ke tempat-tempat yang masih alami dan jauh dari sentuhan peradaban modern, maka Curug Nagrak adalah tempat yang sangat ideal bagi anda.
  • Lokasi yang mudah dijangkau.
    Lokasinya yang terletak di daerah Lembang, Bandung, menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata yang berpotensi untuk menarik para investor dalam dan luar negeri dalam jumlah besar di masa mendatang. Curug Nagrak ini tepatnya berlokasi di jalan raya Nagrak Kulon Sukajaya, Lembang, kabupaten Bandung Barat.
  • Menyediakan air panas alami khas pegunungan.
    Bagi yang senang untuk berendam di air panas khas pegunungan yang sarat dengan kandungan belerang, maka tidak ada salahnya untuk anda berkunjung ke Curug Nagrak ini.
    Berbeda halnya dengan beragam wisata air panas di seputaran kota Lembang dan Ciater yang sudah sarat dengan sentuhan modern, maka Curug Nagrak ini masih merupakan wisata air panas belerang yang masih asri dan alami. Sehingga air yang mengalir pun masih segar dan bersih, karena langsung mengalir dari pusat gunung berapi Gunung Tangkuban Perahu.
  • Harga tiket yang sangat murah.

Dibandingkan dengan banyak tempat wisata lainnya di seputar kota Bandung dan Lembang, maka Curug Nagrak ini memiliki harga tiket masuk yang sangat terjangkau, yaitu kita hanya perlu membayar sebesar Rp 15.000 untuk orang dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Bukan hal yang mustahil bahwa jikalau tempat ini telah dipugar oleh para investor menjadi tempat wisata yang mewah, maka tiket masuk wisata air panas ini pun akan melonjak tinggi.

Mengingat keindahan dan segala potensi wisata yang dimiliki tempat wisata yang satu ini, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat Curug Nagrak akan berubah wajah menjadi suatu tempat wisata yang jauh lebih modern, yang diperlengkapi dengan kolam renang berukuran besar, lengkap dengan water boom, hotel, serta sarana dan prasarana modern lainnya.

Jadi bagi anda yang lebih suka berendam di air panas alami yang berair jernih, langsung dari perut gunung berapi, lengkap dengan suasana pedesaan yang masih asri dan alami, tidak ada salahnya untuk segera berkunjung ke Curug Nagrak sekarang juga.

Akan tetapi di balik segala daya tarik potensi pariwisata di atas tersebut, tempat ini pun sebenarnya menyimpan beberapa kekurangan dibandingkan dengan tempat wisata lainnya, seperti beberapa hal berikut ini:

  • Belum ditunjang dengan prasarana modern.
    Untuk menuju ke tempat berendam air panas ini, para pengunjung harus berjalan kaki sedikit jauh dari tempat lahan parkir yang telah disediakan. Jadi setelah para pengunjung memarkir kendaraan pribadi di tempat yang telah disediakan, dari sini anda harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 200 meter menembus jalan setapak yang dipenuhi rimbunna rerumputan dan pepohonan. Hal ini tidak akan menjadi masalah besar jika anda berkunjung di kala musim panas. Tapi apabila anda kebetulan berkunjung di musim penghujan, maka bukan tidak jarang jalan setapak tersebut sedikit sulit untuk dilalui karena banyaknya lumpur yang menghambat perjalanan sehingga jalanan menjadi sedikit lebih licin.
    Hal ini agak menyulitkan bagi para orang lanjut usia yang ingin berendam di air panas, namun kesulitan untuk bergerak atau berjalan, atau harus dengan bantuan kursi roda.
  • Kurangnya fasilitas publik.
    Curug Nagrak ini walaupun menyimpan banyak potensi wisata di masa mendatang, di kala ini masih banyak sarana dan prasarana yang masih harus ditingkatkan lagi di segala sisi.

Rute termudah untuk mencapai Curug Nagrak adalah pertama dengan masuk melalui jalan Sersan Bajuri atau Kolonel Masturi (jika anda datang dari arah Lembang), kemudian mencari Vippasana Graha, dan dari Vihara khas Thailand ini anda hanya terus berkendara sekitar 2 kilometer untuk akhirnya tiba di jalan Nagrak Kulon. Walaupun jalannya sedikit menyempit, akan tetapi masih dapat dilalui oleh kendaraan roda empat.

Untuk menghindari hujan, ada baiknya untuk berkunjung ke tempat ini di pagi hari. Dan untuk memudahkan anda tiba di tempat wisata di Lembang, Bandung ini, tidak ada salahnya anda menghubungi jasa rental mobil Bandung kami.

rental mobil bandung curug nagrak
Curug Nagrak Lembang

 

 

Write your comment Here

Rental Mobil Bandung | Sewa Mobil Murah di Bandung | BandungHoliday.org