Alun Alun Bandung

Perkembangan Alun Alun Bandung

Alun Alun Bandung yang terletak tepat di pusat kota Bandung sudah berdiri di sana sejak puluhan tahun yaitu didirikan sejak jaman Hindia Belanda dulu. Pada tahun 1950an hingga 1970an tempat ini sudah cukup populer, dengan air mancur yang menjulang tinggi, dan menjadi tempat bercengkrama favorit banyak keluarga pada saat itu. Taman-taman kota yang ditanami aneka bunga berwarna-warni pun banyak terdapat di setiap sudut Alun Alun Bandung. Juga sesekali terlihat tukang foto konvensional yang berseliweran ke sana ke mari menawarkan orang-orang untuk berfoto ria dan yang biasanya menjadi objek foto favorit pada saat itu adalah air mancur dan taman bunga.
tempat wisata di bandung

Namun seiring dengan berjalannya waktu, terutama di tahun 1990an, Alun Alun Bandung sudah mengalami sedikit pergeseran. Tukang foto keliling sudah jarang sekali ditemui, seiring dengan berkembangnya teknologi digital yang memungkinkan orang-orang untuk mengambil foto sendiri dengan praktis dan mudah. Keberadaan tukang foto keliling di Alun Alun Bandung mulai tergeser dengan pedagang asongan yang kian marak berseliweran di tempat tersebut. Sehingga wajah Alun Alun yang dahulu sempat terjaga kerapian dan kebersihannya mulai ternodai dengan kotoran dan sampah yang berserakan di sana sini.

Akan tetapi seiring dengan pergeseran jaman, kini Alun Alun Bandung memiliki wajah yang sama sekali baru. Kini di era Bp Walikota Ridwan Kamil, tempat ini menjadi semakin apik dan menarik. Dengan lapangan rumput sintetis yang membentang seluas nyaris lapangan bola, kini Alun Alun memiliki wajah baru yang kian menarik. Kecantikannya kini bahkan telah menjadikannya salah satu tujuan tempat wisata di Bandung yang banyak diminati oleh para wisatawan yang berkunjung ke kota kembang ini.

Sebagai salah satu ikon kota Bandung, Alun Alun Bandung kini memegang peranan penting sebagai salah satu tempat favorit warga Bandung berkumpul, berpiknik, atau sekedar melewatkan waktu bersama keluarga. Di sini pulalah kerap menjadi tempat berkumpul masyarakat Bandung di kala perayaan besar seperti Tahun Baru dan Idul Fitri dan hari-hari raya lainnya. Pot-pot bunga besar yang dahulu banyak terdapat di tengah taman kini telah diletakkan di sisi Alun Alun sehingga menciptakan ruang yang lebih leluasa bagi masyarakat untuk beraktivitas di tengah alun alun yang berlokasi di jalan Asia Afrika ini.

Bangunan Menarik Dekat Alun Alun Bandung

Terdapat beberapa bangunan menarik dan bersejarah yang berlokasi di sekitar Alun Alun Bandung ini, beberapa di antaranya adalah:

  • Mesjid Agung
    Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Mesjid Agung merupakan masjid yang paling fenomenal di kota Bandung, dan seolah sudah menyatu dengan Alun Alun Bandung ini.
  • Kantor Pos Bandung
    Bangunan kantor pos Bandung ini terletak berserongan dengan alun alun, dan merupakan salah satu bangunan bersejarah yang sudah ada bahkan sejak jaman penjajahan Belanda.
  • Optik Tunggal
    Bagi anda yang menginginkan aneka Pilihan Kacamata Berkualitas dan Pelayanan Terbaik di Optik Tunggal
  • Museum Asia Afrika
    Sebagai salah satu bangunan paling bersejarah di kota Bandung, gedung ini telah menjadi saksi dari berbagai peristiwa bersejarah yang terjadi di kota Bandung, bahkan sebelum diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika pada bulan April 1955 yang silam. Di sinilah dahulu para petinggi bangsa Belanda kerap mengadakan perhelatan akbar dan pesta-pesta mereka puluhan tahun yang lalu.
    Namun sejak beberapa tahun yang silam ada suatu fenomena menarik di sekitar Museum Asia Afrika ini, yaitu menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda yang ingin berfoto ria (selfie) dengan tokoh-tokoh cosplay ataupun tokoh terkenal lainnya yang banyak terdapat di sekitar Museum Asia Afrika hingga ke dekat Alun Alun Bandung, terutama di hari libur dan akhir pekan.

    alun alun bandung
    alun alun bandung
  • Hotel Savoy Homann
    Hotel ini merupakan salah satu hotel tertua dan paling bersejarah di kota Bandung. Hotel ini juga merupakan salah satu hotel yang digunakan para peserta Konferensi Asia Afrika untuk bermalam. Desain arsitekturnya yang mempertahankan gaya art deco sangat menarik banyak wisatawan yang berkunjung ke kota Bandung.
    rental mobil bandung
  • Hotel Grand Preanger
    Merupakan salah satu hotel lain yang juga digunakan oleh para peserta Konferensi Asia Afrika untuk bermalam.
  • Hotel Golden Flower
    Hotel berbintang 4 ini termasuk hotel yang baru didirikan beberapa tahun yang silam dan terletak cukup dekat dengan Alun Alun Bandung.
  • Pusat Perbelanjaan Yogya Kepatihan
    Bagi yang senang berbelanja di pusat perbelanjaan Yogya Kepatihan, dari sini pun anda dapat dengan mudah mencapai Alun Alun cukup hanya berjalan kaki saja beberapa menit.
  • Halte Bus
    Bagi yang ingin pergi ke sini dengan naik bus, maka akan sangat mudah sekali karena di sini pun terdapat halte bus yang berlokasi tepat di samping Alun Alun.

Cara Menuju ke Alun Alun Bandung

Jika anda tertarik untuk mengunjungi Alun Alun Bandung, selain menggunakan fasilitas rental mobil Bandung, anda pun dapat ke sini dengan mengendarai angkutan kota jurusan Elang Cicadas yang berwarna merah, atau bus Damri Cicaheum Cibeureum, atau angkot jurusan Gede Bage berwarna hijau muda terang.

Sebenarnya jika anda sedang berkunjung ke Pasar Baru Bandung, anda pun dapat menyempatkan diri untuk mengunjungi Alun Alun Bandung ini, yaitu dengan berjalan lurus menyusuri jalan Otto Iskandardinata, dan setelah tiba di lampu lalu lintas, di perempatan Jalan Asia Afrika dan Jalan Otto Iskandardinata, anda tinggal belok kiri lurus melewati hotel Golden Flower dan Kantor Pos Pusat Bandung, dan tak lama anda akan menjumpai Alun Alun Bandung tepat di sebelah kanan anda.

Write your comment Here

Rental Mobil Bandung | Sewa Mobil Murah di Bandung | BandungHoliday.org